TUGAS ILMU SOSIAL DASAR (SOFTSKILL)

LASKAR PELANGI

Sutradara :

–          Riri Riza

Film ini berkisah tentang tentang perjuangan kehidupan 10 anak dari keluarga miskin di Belitung untuk dapat  bersekolah dan menggapai semua cita-cita dan keinginan mereka. Akhirnya mereka dapat juga bersekolah ( SD dan SMP ) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan. Mereka adalah:

  1. Ikal (Zulfany)
  2. Lintang (Ferdian)
  3. Sahara (Dewi Ratih Ayu)
  4. Mahar (Verrys Yamarno)
  5. A Kiong (Suhendri)
  6. Syahdan (M.Syukur Ramadhan)
  7. Kucai (Yogi Nugraha)
  8. Borek (Febriansyah)
  9. Trapani (Suharyadi SR)
  10. Harun (Jeffry Yanuar)

Cerita ini terjadi di sebuah desa Gantung, Belitung. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika kalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

Hari pertama pembukaan kelas baru di sekolah SD Muhammadyah menjadi awal perkenalan mereka dan berlanjut menjadi persahabatan yang erat, dan mereka diberikan nama oleh guru mereka, Bu Muslimah (Cut Mini) yang menjadi anutan mereka, yang penuh dengan kelembutan dan tanpa pamrih memberikan pengetahuan dengan nama Laskar Pelangi.

Kecintaan mereka begitu besar untuk dapat menimba ilmu. Mereka rela menempuh jarak puluhan kilometer untuk mendapatkan ilmu. Tetapi hasil mereka sangat memuaskan. Satu demi satu dari mereka dapat merasakan hasil dari juri payah yang mereka jalani.

Dari sinopsis yang saya ceritakan, film ini dipenuhi kisah tentang tantangan kalangan pinggiran, dan kisah penuh haru tentang perjuangan hidup menggapai mimpi dan menggambarkan bagaimana kita harus giat dalam menimba ilmu dan kita harus semangat dan tidak menyerah untuk kita dapat menggapai semua cita-cita kita. Walaupun halangan dan rintangan selalu datang dan menghampiri kita, serta keindahan persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia, dengan latar belakang sebuah pulau indah yang pernah menjadi salah satu pulau terkaya di Indonesia.

Dari semua yang telah saya jabarkan diatas, film ini sangat layak untuk ditonton karena menyiratkan pesan dan makna positif kepada penonton.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s