MENGAPA MANUSIA MENCIPTAKAN SUATU KEINDAHAN

KEINDAHAN

Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah, tatanan, perabot rumah tangga, suara, warna, dan sebaginya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tank yang selalu bertambah. Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.

APAKAH KEINDAHAN ITU ?

Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu sesuatu yang dapat dinikmati yang dihubungkan dengan suatu bentuk. Menurut The Liang Gie dalam bukunya “Garis besar estetika”. Menurut asal katanya, dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beutiful” dalam bahasa Perancis–”beau”, sedang Italia dan spanyol “belld’ berasal dari kata latin “bellum”. Akar katanya adalah “bonum” yang berarti kebaikan, kemudian mempunyai bentuk’ pengecilan menjadi “bonellum” dan terakhir diperpendek sehingga ditulis “bellum. Menurut cakupannya orang hams membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk perbedaan ini dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah beauty (keindahan) dan the beautiful (benda atau hal yang indah). Dalam pembatasan filsafat kedua pengertian itu kadang-kadang dicampuradukkan raja.

Banyak sekali keindahan yang diciptakan oleh manusia, seperti: musik, lukisan dan masih banyak lagi.

Contoh keindahan yang diciptakan oleh manusia salah satunya adalah Musik. Musik adalah suatu wujud karya dalam bentuk nada yang dapat dihasilkan dari ungkapan rasa sedih, keindahan, kegembiraan dan lain-lain. Yang bertujuan untuk mengekspresikan perasaan dan idenya .  Dari musik itulah kita sebagai pendengarnya  mendapat kepuasan tersendiri yang mampu memeberikan kita kedamaian hati jika hati kita yang sedang  gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Mengapa manusia menciptakan keindahan?

Keindahan itu pada dasarya adalah alamiah. Alam ciptaan Tuhan. lni berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang. Karena semua yang ada di Dunia ini pasti mempunyai suatu unsur keindahan. Kalau pelukis melukis wanita lebih cantik dari keadaan sebenarya, justru tidak indah.Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, mengenai keagungan Tuhan, dan banyak lagi lainnya.

Maka dari itu, kita sebagai Manusia jangan pernah menyerah untuk selalu menghasilkan suatu keindahan. Karena dengan keindahan hidup kita akan menjadi lebih berkesan dan akan menjadi lebih sempurna.

Sumber :

http://hadi27.wordpress.com/rangkuman-manusia-dan-keindahan-serta-manusia-dan-penderitaan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s