Tulisan 6 : Perkembangan Teknologi WEB (HTML)

Seperti yang kita ketahui HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language.HTML sendiri adalah sebuah Markup teks yang digunakan untuk membuat halaman web yang nantinya akan menampilkan informasi.Sebuah file dokumen yang ditulis dalam format HTML akan dibaca dan diterjemahkan oleh web brower (seperti Internet Exploler,Google Chrome,Mozilla Fire fox).file-file yang dituis dalam format HTML bisa disimpan dalam ekstensi (.htm atau .html) file-file terebut bisa ditulis dalam beberapa text editor sederhana misalnya worpad,notepad atau untuk mendesain sebuah web bisa menggunakan Macromedia Dream weaver.

Nah Tag dan berfungsi untuk menandakan awal dan akhir sebuah Dokumen HTML,dan dokumen HTML sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian kepala dan serta bagian badan atau isi yaitu dan .Bagian kepala sendiri bisa diisikan dengan judul dan perkenalan lainnya seperti judul nya nah itu merupakan struktur dasarnya coba sobat ketik seperti itu dan tuliskan di notepad lalu save dengan ekstensi .htm atau .html misalnya webku.html lalu klik file tersebut dan apabila sobat mempunyai web browser seperti firefox ataupun IE dll.Maka secara otomatis sobat akan melihat hasilnya,mungkin sobat bisa mengembangkan lagi karena banyak sekali tag-tag HTML yang bisa di cari di google.setelah kita mengetahui dasarnya tentunya agara semakin menambah wawasan lagi saya akan membahas perkembangannya.

Perkembangan HTML

Dimulai dari tahun 1980 IBM mulai membuat suatu bahasa pemrograman dimana Text dan format sebuah dokumen dijadikan satu dalam sebuah bahasa pemrograman yang disebut GML(Generalized Markup Language),lalu pada tahun 1986 ISO pun mulai membuat sebuah standardarisasi bahasa pemrograman tersebut dan mengubah GML menjadi SGML(Standard Generalized Markup Language).Mulailah kelahiran HTML pada tahun 1989 yang muncul dari pemikiran Caillau Tim dan rekannya Banners Lee Robert.Mereka mengembangkan bahasa pemrograman ini dan mempopulerkannya dengan browser Mosaic nah mulailah HTML semakin berkembang dan populer di tahun 1990.

Ø HTML versi 1.0 ini adalah versi pertama sejak lahirnya nama html tersebut, memiliki sebuah kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, bold dan italic text, wrapping serta memiliki dukungan dalam peletakan sebuah gambar
Ø HTML versi 2.0 pada 14 Januari 1996, pada versi ini ada beberapa tambahan kemampuan diantaranya penambahan form comment, hal ini menyebabkan adanya sebuah interaktif dan mulai dari versi ini yang menjadikan sebuah pioneer dalam perkembangan homepage interaktif.
Ø Tak lama kemudian HTML versi 3.0 dirilis pada 18 Desember 1997 yang sering disebut sebut sebagai HTML+ yang mempunyai kemampuan dalam beberapa fasilitas diantaranya adalah penambahan fitur table dalam paragraph, akan tetapi versi ini tidak bertahan lama.
Ø Dan pada bulan Mei 1996 dikeluarkan versi baru sebagai pengganti dan penyampurnaan versi 3.0 ini yaitu HTML versi 3.2, keluarnya versi ini dikarenakan adanya beberapa kasus yang timbul pada pengembang browser yang telah melakukan pendekatan dengan cara lain yang justru hal tersebut menjadi popular, maka di bakukan versi 3.2 untuk mengakomodasi praktek yang banyak digunakan oleh pengembang browser dan diterima secara umum, dapat dikatakan bahwa versi 3.2 ini merupakan versi 3.0 yang dikembangkan oleh beberapa pengembang browser seperti Netscape dan Microsoft.
Ø Nah yang terakhir perombakan terjadi pada tahun 1999 tepatnya tanggal 24 Desember yaitu HTML versi 4.0, seperti yang kita kenal HTML pada saat ini penambahan link, meta, imagemaps , image dan lain lain sebagai penyempurnaan versi 3.2
Ø Pada tanggal 4 Maret 2010, terdapat sebuah informasi bahwasanya HTML versi 5.0 masih dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0
HTML 5 adalah suatu spesifikasi atau standard yang dikeluarkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) sebagai revisi dari standard HTML. Saat ini ditulis kita banyak menjumpai aplikasi web yang masih menggunakan standard HTML4 namun beberapa sudah mulai migrasi ke standard web HTML5.

Standard HTML4 yang dijumpai banyak memiliki kelemahan untuk mendukung aplikasi web yang interaktif. Akibat hal ini banyak orang menambahkan fitur baru baik disisi aplikasi web ataupun disisi browser. Solusi ini dikenal dengan plugin dan salah satunya adalah Flash dan Silverlight.

Semakin menjamurnya plugin didalam aplikasi atau browser membuat aplikasi web ini susah untuk menembus banyak browser. Hal ini dikarenakan setiap plugin mempunyai cara yang berbeda-beda.

Perkembangan tiap-tiap versi di HTML

HTML versi 1.0
Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).
HTML versi 2.0
Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.
HTML versi 3.0
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.
HTML versi 4.0
HTML versi 4 memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain.
HTML versi 5
HTML5 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan Java Script. Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009, namun sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Sumber: http://jhens-fernando.blogspot.com.au/2013/03/perkembangan-teknologi-web-html.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s